Minggu, 04 April 2010

Browser Game – Travian, Tribalwars dan Ikariam



Akhir-akhir ini aku sering maen game browser strategi. Bukan game baru sih, cuma aku baru aktif main sekarang. Ada yang pernah aku maenin, tapi udah lama. Berikutnya aku mo cerita dikit tentang 3 game browser type strategi yang cukup populer. Istilah kerennya Browser-based MMORTS ato Massive Multiplayer Online Real-Time Strategy. Travian, Ikariam dan Tribalwars. Mainnya ga terlalu menyita waktu, ga harus online terus-terusan mandangin monitor komputer. Cukup 1-5 menit online trus bisa ditinggal. Online lagi 1-5 jam kemudian untuk ngecek hasilnya. Begitu seterusnya.

Travian

http://travian.com – International Server, English
http://travian.co.id – Indonesia Server, Bahasa Indonesia
Travian dirilis pertama kali di Jerman tahun 2004. Sampai saat tulisan ini turun, sudah dirilis di 56 negara dalam 30 bahasa. Travian pernah menyandang predikat ‘The Best Browser-based Game’ tahun 2006.


Travian
Pada Travian ada 3 suku yang dapat dimainkan. Romans (Roma), Gauls (Galia) dan Teutons (Teuton). Masing-masing suku memiliki kelebihan dan kekurangan. Unit-unit dan spesialisasinya berbeda. Teuton cocok untuk type pemain agresif, mudah dalam melatih tentara, memiliki attack power yang baik dengan defense yang kurang. Gauls cocok untuk bertahan dan berdagang, warehouse besar, defense yang baik, gerakan cepat namun attack kurang. Romans cocok untuk menyerang dan bertahan, namun harga tentaranya sangat mahal dan waktu pelatihannya lama. Untuk pemain pemula disarankan menggunakan suku Romans.
Kita akan diberikan sebuah desa kosong yang dikelilingi tambang dan ladang (fields). Ada 4 jenis resources yang dibutuhkan untuk membangun dan melatih tentara, yang dapat di tambang/ditanam di sekitar desa. Wood (kayu), Clay (tanah liat), Iron (besi) dan Wheat (gandum). Wheat juga menentukan berapa jumlah populasi maksimum yang bisa hidup di desa kita.
Fokus permainan adalah perang. Pembangunan dan upgrading resource dan building hanya untuk perang, melatih tentara, menyiapkan pertahanan dan merebut resurces lawan bahkan merebut desa lawan. Para pemain dapat membuat aliansi atau bergabung dengan aliansi yang sudah dibuat oleh pemain lainnya.
Sebelumnya aku udah pernah main Travian server Indonesia beberapa bulan yang lalu, tapi bosen karna kalah diserang terus. Hehehe.. Skarang maen lagi di server internasional.

Tribalwars

http://tribalwars.net – International Server
Tribalwars merupakan salah satu game browser RTS yang pertama. Dirilis tahun 2003 di Jerman, namun mulai populer tahun 2005 setelah perubahan versi dengan grafis yang lebih baik. Sebagian developer Travian dulunya adalah developer Tribalwars.


Tribalwars
Fokus permainan Tribalwars adalah perang. Sama seperti Travian, resource, building dan research ditujukan untuk perang. Namun pada Tribalwars tidak ada suku-suku yang dapat dipilih. Semua pemain memiliki unit-unit dan kemampuan yang sama.
Tambang disediakan di sekeliling desa. Ada 3 resource yang dapat ditambang. Wood, clay, dan iron. Populasi maksimum ditentukan dari level Farm (pertanian). Speed Tribalwars relatif lebih cepat daripada Travian. Pemain-pemainnya pun lebih agresif.
Ada beberapa world di server internasional. Tiap-tiap world memiliki speed dan unit yang berbeda. Contohnya, pada world 20, speed 1 (normal) dengan unit lengkap. Sedangkan pada world 19, speed 1.5 (lebih cepat) tanpa unit archer dan mounted archer. Total ada 26 world, namun saat tulisan ini dibuat, hanya ada 10 world yang dapat dipilih. World lainnya sudah ditutup pendaftarannya.
Sesuai dengan namanya, Tribalwars adalah perang suku. Kita bisa membuat tribe (suku) sesegera mungkin dan merekrut pemain-pemain lain. Atau ikut tribe lain yang sudah ada, dan ikut berperang bersama teman-teman satu suku. Anggota tribe dapat dimintai bantuan untuk mensupport kita dengan pasukan atau resource.

Ikariam

http://ikariam.org – International Server
http://ikariam.com – USA Server
http://id.ikariam.org – Indonesia Server [coming soon]
Ikariam juga berawal dari Jerman. Game ini memiliki fokus yang berbeda dengan Travian dan Tribalwars. Pada Ikariam, selain militer, ekonomi sosial juga diperhitungkan. Pemain harus menjaga tingkat kesenangan rakyatnya, mencegah korupsi dan mengatur pajak. Selain itu juga harus rajin melakukan research (penelitian) agar bisa membuat bangunan baru dan menggunakan teknologi baru untuk berperang, berdagang, bersosialissai, atau meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Ikariam
Diawal permainan, pemain akan diberikan sebuah kota di pinggir pantai yang hanya berisi satu bangunan utama. Dari bangunan tersebut, pemain mulai mengembangkan kotanya. Kota terletak disebuah pulau, bersama kota-kota pemain lain. Ada 5 resource (wood, wine, marble, crystal, sulfur) yang digunakan untuk membangun yang dapat ditambang bersama (share) pemain-pemain lain satu pulau. Satu pulau maksimal berisi 16 kota, 1 saw mill (penebangan kayu) dan 1 tambang random. Sedangkan 3 resources lainnya didapat dari berdagang atau merebut dari kota di pulau lain.
Karena tambang digunakan bersama, maka ada sistem donate (menyumbang) untuk peningkatan tambang tersebut agar dapat memproduksi lebih banyak. Saranku, lebih baik ikut menyumbang daripada dimusuhi oleh pemain-pemain lain kemudian menyerangmu bersama-sama..hehehe.
Kesejahteraan rakyat dapat dijaga dengan membangun Tavern dan Museum. Korupsi dapat dikurangi dengan membangun dan meningkatkan level Governor’s Residence atau Palace. Populasi dapat dijaga dengan meningkatkan Town Hall, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengurangi korupsi. Selain membutuhkan 5 resource, pemain juga membutuhkan Gold, yang berfungsi seperti uang, untuk berdagang, membeli kapal, dan melatih pasukan.
Dengan segala kerumitan gameplay, Ikariam tetap bisa menjadi game yang addicted karena didukung dengan grafis yang menarik. Aku nunggu server Indonesia dilounching aja.. hehehe..
Travian, Tribalwars dan Ikariam dapat dimainkan dengan gratis. Disediakan juga fasilitas khusus bagi yang mau membayar. Fasilitas-fasilitas tersebut misalnya, menu-menu khusus, tanpa iklan, waktu pembangunan lebih cepat, dan lain-lain. Namun aku rasa dengan main gratis pun udah cukup puas.

Game lainnya

Ada beberapa browser game RTS lainnya yang bisa dicoba.
Mythos : http://www.mythicwars.com/mythos
Norron : http://www.mythicwars.com/norron
Khan Wars : http://hanovete.com
Space Invasion : http://spaceinvasion.bigpoint.com
Unification Wars : http://uc.gamestotal.com
dan lain-lain..
Sumber:
http://id.wikipedia.org/Travian
http://en.wikipedia.org/wiki/Category:Multiplayer_browser-based_games
http://www.browsergamesdigest.com


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda